Rabu, 12 Desember 2012

contoh kutipan



Sistem Pengendalaian Manajemen
Perencanaan yang dilakukan dengan tepat dan cermat saja tanpa  dilanjutkan dengan pengelolaan dan pengendalian yang baik secara terus menerus, tidak akan menjamin tercapainya tujuan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan kerangka fungsional perusahaan yang terkoordinasi serta penetapan wewenang dan tanggungjawab yang tegas pada masing-masing fungsi manajemen. Fungsi tersebut harus mencerminkan adanya pengendalian intern yang memadai untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan dan pemborosan-pemborosan yang dapat mengakibatkan penyimpangan dari rencana semula.

 “pengendalian dalam pengertian yang paling luas merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengukuran efisiensi atau efektivitas dalam menggerakkan bahan dan tenaga kerja serta sumber meliputi penandingan berbagai jenis norma (standard), apakah berupa norma kualitas, waktu ataupun nilai dan kegiatan tersebut secara implisit meliputi pengambilan tindakan yang perlu bilamana terjadi kondisi-kondisi yang menyimpang dari target” (Heckert, 2004:7-8).


Sedangkan pengertian lain adalah sebagai berikut.
pengendalian manajemen adalah suatu usaha yang sistematis dari manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan dengan cara membandingkan pelaksanaan dengan rencana” (Adolph dan Matz, 2002:5).

Menurut Mulyadi dan Setiawan (2000:5), ada beberapa hal yang mendasar dalam pengendalian manajemen yaitu.
  1. Pengendalian manajemen merupakan suatu keharusan dalam suatu organisasi.
  2. Sistem pengendalian manajemen merupakan implementasi strategi, sehingga harus sesuai dengan strategi organisasi.
  3. Implementasi strategi memerlukan suatu alat untuk memotivasi anggota organisasi guna mencapai tujuan organisasi.
  4. Pengendalian manajemen adalah alat untuk memotivasi agar tujuan anggota organisasi selaras (goal congruence) dengan tujuan organisasi”

Dalam rangka melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian, salah satu alat yang digunakan adalah anggaran. anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang” (Munandar, 2006:1).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar