Jumat, 19 Oktober 2012

MACAM-MACAM CONTOH PARAGRAF


TUGAS BAHASA INDONESIA

MACAM-MACAM PARAGRAF

D

I

S

U

S

U

N

OLEH

NAMA: KHAIRUNISA
KELAS: XII IPA 3
GURU PEMBINBING: Dra.EVI SUZANA


TAHUN AJARAN 2011-2012

SMA NEGERI 14 PALEMBANG





Paragraf Deduktif:
  Dalam kenyatannya, nelayan tradisional tetap terpuruk dalam kemelaratan. Hal itu disebabkan oleh budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat nelayan tradisional. yakni sikap malas dan rasa cepat puas diri. Selain itu, pembinaan yang dilakukan pemerintah belum maksimal. Masalah lain adalah ketentuan hukum belum ditegakkan secara utuh.



Paragraf Induktif:
  Pada umumnya masyarakat desa hidup dari pertanian. Pada masyarakat yang demikian luas sangat mempengaruhi kemakmuran mereka. Ketika penduduk desa belum begitu banyak dan lahan untuk pertanian masih cukup untuk menghidupi mereka, tidak ada persoalan. Tetapi sekarang penduduk desa terus berkembang sedangkan luas tanah yang digarap pun semakin sempit. Maka terjadilah kemiskinan dan akhirnya desa itu melarat dan terbelakang.



Paragraf Perbandingan:
  Bintang dan Frescha memiliki perbedaan dan persamaan sehingga sulit untuk di bedakan. Keduanya termasuk siswi yang pandai di sekolah. Bintang memiliki rambut yang panjang, tinggi, dan baik begitu pula dengan Frescha memiliki rambut yang panjang, tinggi, dan baik. Disamping itu, Bintang memiliki muka yang lonjong, dan hidung yang mancung sedangkan Frescha memiliki muka yang bulat, dan hidung yang pesek. Tetapi biar pun begitu mereka tetap bersahabat dan berteman dengan baik.




Paragraf Dengan Contoh:
    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam khas masakan yang sangat enak dan lezat. Beberapa masakan khas indonesia seperti rendang, pindang, soto deng-deng, Memiliki rasa yang memang sangat pas di lidah. Adapun minuman yang khas di indonesia yang terdiri dari kopi, teh,bandrek,sekotek, dan lain-lain. Sehingga dapat di katakan indonesia merupakan negara yang kaya akan masakan dan minuman yang khas.



Paragraf Sebab-Akibat:
   Siaran televisi sehari penuh menyebabkan kita malas melakukan aktivitas. Kita lebih suka menghabiskan waktu dengan duduk lama di depan layar kaca sehingga melupakan berbagai kewajiban. Akibat yang lebih parah adalah dari segi kesehatan, yakni menumpuknya kadar lemak dalam tubuh. Olahraga yang kurang dan kebiasan menonton sambil menikmati makanan atau cemilan merupakan penyebab utama. Bahakan yang lebih parah, kita tidak sempat atau tidak suka bersosialisasi dengan teman.







Paragraf Generalisasi:
   Dari hasil tes evaluasi bidang studi matematika kelas XI IPA. Didapatkan data sebagai berikut. Fauzan,Farisah, dan Windu mendapat nilai 9. Siswa-siswi yang lain mendapat nilai 8, hanya Putri yang mendapat nilai 6. Jadi, dapat dikatakan siswa-siswi kelas XI IPA cukup pandai dalam matematika.


Paragraf Analogi:
   Alam semesta berjalan dengan sangat teratur seperti halnya mesin. Matahari, bumi, bulan, dan bintang yang berjuta-juta jumlahnya beredar dengan teratur, seperti teraturnya roda mesin yang rumit berputar. Semua bergerak mengikuti irama tertentu. Mesin rumit itu ada penciptanya, yaitu manusia. Manusia yang pandai, teliti, dan bijaksana. Tidakkah alam yang mahabesar dan beredar rapi sepanjang masa ini tidak pula ada penciptannya? Pencipta yang Mahapandai, Mahateliti, dan Mahaagung ?











Tidak ada komentar:

Posting Komentar